Kegiatan Lalu

Kegiatan yang telah dilakukan di tahun 2009 adalah :

  1. Seminar Lokal di MATARAM 2009

    Suasana Seminar di Mataram

  2. Kunjungan dan kerjasama PG Subang

    Kunjungan PG Subang

  3. Seminar Internasional PERTETA 2009
  4. Kongres PERTETA 2010
  5. Seminar Nasional dan temu Anggota 2010

Seperti tahun –tahun sebelumnya dan menjadi program rutin, PERTETA (Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia) mengadakan seminar nasional pada 12 Juli 2010 di Hotel Queen, Purwokerto, setelah sebelumnya diadakan pertemuan nasional anggota PERTETA 11 Juli 2010 pkl 19.00-21.00 di RM Pringgading, Purwokerto. Panitia pelaksana seminar ini adalah PERTETA Cabang Purwokerto bekerjasama dengan Program Studi Teknik Pertanian Universitas Jendral Soedirman. Seminar yang diketuai oleh Ropiudin, S.TP., M.Si ini bertujuan untuk menjalin komunikasi insan teknik pertanian Indonesia dalam rangka membahas issue keteknikan pertanian, organisasi PERTETA sendiri dan sharing/publikasi hasil riset keteknikan pertanian dari berbagai institusi dan lembaga (perguruan tinggi, badan libang pemerintah, bisnis dan organisasi pertanian) sehingga muncul solusi yang baik.

Seminar yang berlangsung pkl 08.00 sampai 18.00 WIB ini diikuti tidak hanya staf pengajar keteknikan pertanian dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, namun dihadiri juga oleh perwakilan dari BPPT LIPI, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia (IMATETANI) dari IPB, UGM, UNSOED dan UNIBRAW, juga dihadiri oleh Forum Mahasiswa Pascasarjana Keteknikan Pertanian (FORMATETA) dari IPB, UGM dan UNIBRAW.

Sesuai dengan tema acara (Revitalisasi Mekanisasi Pertanian dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Energi) acara dibagi menjadi 2 sesi yaitu seminar pleno dan seminar paralel. Setelah laporan Ketua Panitia, selanjutnya, Ketua Perteta Cabang Purwokerto Dr. Wiludjeng Trisasiwi dan Ketua Perteta Pusat Dr. Sam Herodian juga menyampaikan sambutannya. Acara ini juga disambut dan dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Pertanian UNSOED Ir. Masrukhi, MP. Penampilan seni khas daerah Banyumas Tari Ronggeng Parung di awal acara menambah keakraban dan kepedulian akan potensi daerah bagi peserta.

Seminar pleno yang dimoderatori oleh Dr. Agus Mardiwiyatno terdiri atas 2 pembicara, yang pertama  Dr. Sam Herodian (Ketua Umum PERTETA) yang berbicara soal “Peran Perteta dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Energi. Salah satu pembicaraannya beliau mepresentasikan konsep foodestate sebagai bagian solusi pengembangan pertanian Indonesia. Pada diskusi ini banyak peserta yang menanyakan peran PERTETA dalam pengembangan mekanisasi pertanian termasuk usulan-usulan solusinya. Salah satu solusi yang ditawarkan Prof Tineke Mandang (IPB) adalah agar penelitian tidak hanya mengejar level, tetapi lebih menekankan kepada aplikasi dan kebutuhan di lapangan. Peserta yang lain juga ada yang menyarankan agar PERTETA terus membangun komunikasi dan menjadi fasilitator pertemuan ABGC (akademisi, pengusaha, pemerintah dan masyarakat) dalam pengembangan mekanisasi pertanian.

Pembicara yang kedua adalah Dr. Agung Hendriadi dari Komisi Pengembangan Mekanisasi Pertanian Balai Besar Mekanisasi Pertanian dan ditambahkan oleh Kepala Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Dr. Trip Alamsyah. Pada diskusi ini sangat jelas digambarkan hambatan dan tantangan serta peluang pengembangan mekanisasi pertanian serta Rencana Strategis Penelitian dan Pengembangan Mekanisasi Pertanian dalam Mendukung Pembangunan Pertanian (2010-2014). Dari diskusi sesi ini kesimpulannya sama, bahwa kurang koordinasi antar berbagai pihak ABGC menjadi penyebab terhambatnya pengembangan mekanisasi pertanian di Indonesia sampai saat ini.

Saat sesi istirahat dan makan siang peserta disuguhkan berbagai poster tentang hasil riset dan pemikiran keteknikan pertanian dari berbagai peserta. Peserta sangat antusias memperhatikan dan mendiskusikan poster-poster yang ada dengan  ditemani menu makan siang soto daging yang khas Banyumas.

Setelah istirahat dilanjutkan dengan sesi parallel, di mana telah dipresentasikan dan didiskusikan sebanyak 112 judul makalah yang terbagi dalam 5 tema yaitu (1) proses produksi pangan dan pertanian, (2) energi terbarukan, (3) alat dan mesin pertanian, (4) tanah, air dan lingkungan, (5) sistem manajemen mekanisasi pertanian. Meskipun tempat dan waktu yang sangat terbatas (bahkan ada kelompok yang hanya mempresentasikan dengan 5 menit dan tanpa tanya jawab), tetapi sesi ini berlangsung cukup baik.

Seminar telah selesai dilakukan, prosiding hasil seminar dan diskusi telah dibuat. Harapannya seminar ini tidak berakhir hanya dengan prosiding, yang terpenting adalah bagaimana seluruh peserta dari berbagai institusi melaksanakan rekomendasi dan solusi dari seminar ini.

PERTETA Pusat, 2010.

Kominfo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s